Tips Membuat Martabak Manis Yang Legit Meskipun Sudah Dingin

Tips Membuat Martabak Manis Yang Legit Meskipun Sudah Dingin

Martabak merupakan makanan favorit semua orang. Ada dua jenis martabak yang kita kenal selama ini, yaitu martabak asin dan martabak manis. Martabak asin sering disebut juga sebagai martabak telur. Penyebutan ini terjadi karena martabak asin terbuat dari campuran telur, daun bawang, dan juga daging di dalam martabak. Sedangkan martabak manis dibuat dari campuran terigu dan air yang diberi berbagai macam toping dengan rasa yang manis.

Martabak manis memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal ketika dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat. Tetapi tekstur tersebut akan berubah menjadi keras dan padat ketika martabak sudah dingin, mirip seperti kue bantat. Perubahan itu terjadi karena penggunaan bahan-bahan yang tidak sesuai, sehingga akan membuat martabak menjadi keras ketika sudah dingin.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat martabak manis yang tetap lembut meskipun sudah dalam keadaan dingin.

1.            Gunakan tepung terigu protein sedang

Penggunaan tepung yang sesuai akan membuat martabak memiliki tekstur yang tetap lembut meskipun sudah dingin. Kadar gluten yang tidak terlalu banyak akan menjaga adonan tetap pada tekstur awalnya. Sedangkan jika menggunakan tepung terigu berprotein tinggi akan membuat adonan sangat kenyal ketika panas tetapi berubah menjadi keras ketika sudah dingin.

2.            Aduk adonan secara merata

Salah satu kunci penting dalam pembuatan martabak manis adalah proses mengaduk adonan. Adonan martabak harus diaduk sampai semua bahan benar-benar tercampur rata. Adonan yang benar dapat terlihat dari tekstur yang kental dan tidak berbuih. Selain itu jika disaring adonan akan mengalir dan tidak terputus ketika disaring

3.            Diamkan adonan

Setelah seluruh bahan tercampur secara merata dan mendapatkan tekstur yang diinginkan, diamkan adonan minimal selama 60 menit. Mendiamkan adonan akan membuat ragi bekerja dan membuat adonan menjadi mengembang dan bersarang. Adonan yang mengembang akan membuat martabak  tidak terasa bantat dan lembut.

4.            Panaskan loyang sebelum digunakan

Untuk membuat kulit martabak yang renyah dan adonan mengembang sempurna, panaskan loyang terlebih dahulu sebelum digunakan. Sebaiknya gunakan kompor yang sesuai dengan diameter loyang yang akan digunakan agar menghantarkan panas secara merata ke seluruh loyang. Setelah loyang panas, atur api menjadi kecil dan stabil, kemudian olesi loyang dengan mentega.

5.            Gunakan soda kue

Untuk membuat adonan semakin mengembang, Anda dapat menggunakan tambahan soda kue. Selain membuat adonan mengembang, soda kue juga dapat membuat tekstur martabak menjadi berongga dan tidak memiliki remah adonan ketika disajikan. Soda kue ini digunakan sesaat sebelum adonan dituang kedalam cetakan.

6.            Aduk sebelum dituang

Adonan yang sudah siap biasanya memiliki jeda waktu dengan proses memasak adonan. Hal ini akan membuat adonan memiliki gelembung udara yang akan mengakibatkan adonan menjadi bantat. Untuk menghindari hal tersebut, aduk kembali adonan sampai tidak ada lagi udara di dalam adonan. Akan lebih baik jika adonan tetap diaduk ketika menuangkan adonan ke dalam loyang.

7.            Gunakan mentega berkualitas

Tuang adonan sampai hampir memenuhi loyang. Masak dengan api kecil dan tutup loyang sampai adonan martabak menjadi berlubang-lubang. Semakin banyak lubang yang terbentuk akan membuat martabak semakin lembut dan enak.

Setelah adonan matang sempurna, angkat martabak dan olesi dengan mentega. Usahakan untuk selalu menggunakan mentega yang berkualitas. Mentega ini akan mempengaruhi rasa dan aroma martabak yang dibuat.

Pembuatan martabak yang lembut dan legit tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu mempraktekkan beberapa tips diatas secara langsung dirumah. Untuk membuat martabak yang berkualitas, kalian dapat menggunakan tepung terigu Super Premium dari Sriboga untuk menghasilkan martabak yang tetap legit meskipun sudah dalam keadaan dingin. Ikuti terus tips dan resep baking menarik lainnya hanya di inspirasibaking.com.

Image Sumber: Pinterest

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.