Pembungkus Alami Makanan Sekaligus Penambah Cita Rasa, Daun Pisang

Pembungkus Alami Makanan Sekaligus Penambah Cita Rasa, Daun Pisang

Sejak setahun yang lalu penggunaan plastik di pusat perbelanjaan ataupun toko swalayan telah dilarang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah plastik yang semakin lama semakin banyak. Limbah plastik ini adalah limbah yang sangat sulit terurai, sehingga banyak orang memilih menggunakan bahan lain yang lebih ramah lingkungan untuk keperluan sehari-hari.

Konsep eco friendly atau dikenal juga dengan ramah lingkungan berarti menggunakan produk yang mencegah kontribusi terjadinya polusi pada lingkungan. Banyak alternatif bahan yang dapat digunakan sebagai pengganti plastik, mulai dari paperbag, kemasan daur ulang, dan lain-lain. Pengurangan plastik bukan hanya dilakukan untuk tas belanja, namun juga  membungkus makanan. Salah satu pembungkus makanan alami yang paling sering digunakan adalah daun pisang. Daun pisang dapat digunakan sebagai pembungkus ataupun tempat menaruh makanan pengganti piring. Selain itu banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan daun pisang sebagai pengganti plastik.

1.            Pembungkus makanan

Fungsi utama daun pisang adalah membungkus berbagai jenis makanan. Dengan menggunakan daun pisang makanan tidak akan tumpah ataupun basah ketika dibawa. Karena hal tersebut daun pisang juga sering digunakan sebagai pengganti piring ketika makan. Contoh pecel pencok yang menggunakan daun pisang sebagai piring.

2.            Dekorasi

Daun pisang tidak hanya digunakan sebagai bahan pembungkus makanan saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan makanan. Nasi tumpeng yang dibuat dengan berbagai macam makanan pendamping akan menjadi lebih menarik dengan adanya dekorasi yang dibuat dari daun pisang.

3.            Membuat makanan menjadi lebih wangi

Makanan yang dimasak dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus, akan memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Daun pisang memberikan sedap dan wangi terhadap makanan yang dibungkus. Makanan yang dibakar atau di kukus, akan membuat aroma daun pisang bercampur dengan aroma masakan, dan menghasilkan aroma yang menggugah selera.

4.            Lebih higienis

Daun pisang yang berasal dari alam tentu saja tidak akan bercampur dengan bahan-bahan kimia dalam proses pembuatannya. Sehingga membuatnya sangat higienis. Yang penting Anda membersihkan daun pisang terlebih dahulu sebelum digunakan.

5.            Lebih ekonomis

Daun pisang mudah ditemui di berbagai tempat, sehingga harganya cenderung lebih murah.

6.            Lebih praktis

Menggunakan daun pisang menjadi lebih praktis dibandingkan menggunakan piring ataupun peralatan makan lainnya. Setelah selesai dikonsumsi, daun pisang dapat langsung dibuang dan tidak perlu di cuci.

Cara Memilih Daun Pisang

Meskipun hanya digunakan sebagai pembungkus, daun pisang juga harus dipilih dengan benar. Jangan pilih daun pisang yang masih terlalu muda karena lebih mudah sobek. Anda dapat menggunakan daun pisang dari berbagai jenis pisang apapun juga. Namun, yang paling sering digunakan adalah daun pisang yang berasal dari jenis pisang batu. Karena daunnya cenderung lebih tebal dan tidak mudah sobek.

Jangan memilih daun pisang yang sudah tua. Umumnya daun yang sudah tua memiliki pinggiran coklat di sepanjang sisinya, sehingga daun yang dapat digunakan hanya sedikit. Selain itu daun pisang tua lebih kaku dan keras.

Sebelum menggunakan daun pisang, bersihkan daun dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air. Tunggu sampai daun pisang menjadi kering, dan daun pisang siap untuk digunakan. Untuk mempermudah proses membungkus makanan, daun pisang dapat dipanaskan terlebih dahulu diatas api. Cukup dipanaskan sebentar saja sampai daun lebih lemas dan mudah dibentuk.

Daun pisang ternyata memiliki berbagai macam manfaat mulai dari ramah lingkungan, memberikan aroma dan citarasa makanan yang dibuat. Mengingat perubahan iklim yang terjadi mari kita gunakan daun pisang sebagai pengganti plastik untuk membuat bumi menjadi lebih sehat. Ikuti terus tips menarik terkait dapur dan baking dari kami hanya di inspirasibaking.com

Sumber: grid.id

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *