Mana Yang Waffle? Mana Yang Pancake? Simak Perbedaan Keduanya Berikut Ini

Mana Yang Waffle? Mana Yang Pancake? Simak Perbedaan Keduanya Berikut Ini

Siapa yang pernah mencicipi waffle dan pancake? Ya, kedua makanan tersebut memang banyak penggemarnya di Indonesia. Sehingga tak heran saat ini banyak penjual waffle dan pancake di supermarket, restoran, ataupun online. Baik waffle ataupun pancake merupakan kue yang lembut dan memiliki bahan yang sederhana, sebenarnya secara rasa hampir sama namun bentuk keduanya berbeda.

Sumber gambar : Photo by Kiki Poldsamm on Unsplash

Sumber : Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Asal Pancak dan Waffle

Waffle merupakan makanan yang berasal dari negara Belgia, yang ditemukan pada abad ke 9 dan ke 10. Selain di Belgia, waffle juga terkenal di beberapa negara lainnya di Eropa. Waffle terus mengalami perkembangan sampai abad ke 14, resep waffle pertama kali ditemukan dalam sebuah naskah anonim, “Le Maniger de Paris” yang ditulis oleh seorang suami untuk istirnya. Hingga pada abas ke 20, semakin banyak restoran yang menyajikan menu waffle dengan cita rasa gurih dan manis lengkap dengan topping yang beragam. Sampai sekarang waffle memiliki banyak pilihan rasa dan variasi.

Tak jauh berbeda dengan Waffle, pancake sendiri berasal dari masyarakat Romawi yang dikenal dengan nama Alita Dolcia atau makanan manis. Pancake saat ini semakin populer di daratan Eropa sejak tahun 1420-an dan menjadi makanan khas Timur Eropa. Bahkan di sana, Pancake sering menjadi menus khas sehari sebelum paskah atau dikenal dengan pancak Tuesday.

Adonan Pancake dan Waffle

Selain dilihat dari sejarahnya, perbedaan lain yang bisa kita ketahui dari pancake dan waffle adalah adonannya. Dari segi bahan sendiri, baik pancake maupun waffle memiliki komposisi yang cenderung sama, yang membedakan hanyalah takaran yang digunakan. Pancake cenderung menggunakan tepung yang lebih sedikit, sedikit, gula, dan lebih cair bila dibandingkan dengan waffle. Dengan takaran tersebut, pancake cenderung memiliki tekstur adonan yang lebih kental dibanding waffle.

Tips jika anda ingin membuat pancake, agar pancake yang dibuat lebih tebal dan bervolume sebaiknya ditambahkan kocokan putih telur dalam adonan. Sehingga tekstur yang dijadikan lebih fluffy dan tebal.

Tekstur pancake dan waffle

Bagi anda yang suka dengan tekstur crunchy pada bagian luar namun lembut di bagian dalam, maka anda bisa memilih waffle. Berdasarkan cara pembuatannya, dimana adonan cair kemduian ditekan pada alat masak yang berbentuk khas ini, akan menghasilkan waffle yang lebih renyah. Apalagi, jika terdapat bagian yang tipis dan berwarna kecoklatan. Sedangkan untuk pancake, memiliki tekstur lembut dan berongga. Pancak sering disajikan dengan siraman sirup maple atau madu di atasnya, sehingga madu akan meresap ke dalam pancake sehinga tekstur pancake akan lebih empuk.

Kandungan kalori pada waffle dan pancake

Dalam satu porsi pancake tanpa topping terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 28 gram serta lemak 10 gram dengan kandungan kalori 227,1  kkal. Sementara, waffle mengandung lemak sebesar 14 gram dan karbohidrat 33 gram. Untuk kandungan kalori waffle tanpa topping mencapai 291,9 kkal. Nah jika anda sedang menjalani program diet, maka sebaiknya anda memilih pancake sebagai menu sarapan. Akan tetapi, ada variasi pancake yang sangat cocok untuk diet seperti pancake pisang oatmeal, pancake pisang, dan pancake alpukat.

Jenis Pancake dan Waffle

Ada banyak jenis waffle yang bisa ditemukan, akan tetapi untuk masyarakat Indonesia sendiri Belgian waffle adalah yang paling populer. Namun ada juga Hongkong Egg Waffe dengan rasa gurihnya. Sama seperti waffle, pancak juga memiliki beragam jenis. Pancake di Indonesia sendiri dibedakan berdasarkan bahan dasarnya, untuk bahan tambahannya sendiri ada beragam mulai dari cokelat, pisang, mangga, kenang, dan keju.

Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya waffle dan pancake, apapun pilihan anda keduanya memiliki cita rasa yang sama enaknya. Untuk resep pancake, waffle dan kue-kue lainnya bisa kunjungi situs website kami inspirasibaking.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *