Ingin Membuat Lapis Legit? Simak Cara Teknik Pemanggangan Agar Matang Sempurna

Ingin Membuat Lapis Legit? Simak Cara Teknik Pemanggangan Agar Matang Sempurna

Siapa yang suka mengonsumsi lapis legit? Hidangan yang satu ini memang sangat menggugah selera apalagi bila disantap ramai-ramai. Namun membuat lapis legit tentu tidak semudah yang kita banyangkan. Meskipun anda menggunakan 30 butir kuning telur atau menggunakan butter dengan harga mahal sekalipun. Meskipun bahan-bahan sangat berpengaruh terhadap hasil kue. Akan tetapi ada hal lain yang turut mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah hidangan.

Bila dilihat dari sejarahnya, lapis legit merupakan hidangan penutup dari negara Belanda yang kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan masyarakat Indonesia. Pada proses pembuatan lapis legit, umumnya adonan ditambah dengan beberapa rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan bunga pala. Rempah tersebut kemudian menghasilkan aroma yang nikmat.

Pada proses pembuatan lapis legit, hal yang sangat penting dan menentukan keberhasilan hasil kue adalah proses pemanggangan. Proses pemanggangan ini merupakan tahap yang paling sulit, karena kita harus bersabar dan teliti. Bagaimana tidak? Saat proses pemanggangan setidaknya dalam 5 menit sekali anda mesti membuka tutuk oven untuk menuangkan lapisan terbaru, dan itu terus dilakukan sampai adonan yang dibuat habis. Untuk anda yang mungin sudah sering membuat lapis legit, bahkan memiliki bisnis kue ini, umumnya akan menggunakan oven khusus lapis legit yang berbentuk seperti laci. Penggunaannya sangat mudah Oven ini dibuka kemudian dituangkan adonan, sehingga meminimalisir tangan terluka akibat panasnya oven.

Selain melatih kesabaran karena harus menghadapi panasnya oven, membuat lapis legit ternyata juga menguji kita untuk mengenal oven yang digunakan. Umumnya beda jenis oven maka berbeda pula hasilnya. Tentu kita tahu ada banyak jenis oven yang ada dipasaran seperti oven gas dan oven listrik. Agar hasil lapis legit buatan anda matang sempurna, untuk lebih jelasnya simak tips berikut ini.

1.      Perhatikan suhu oven

Panas oven yang digunakan untuk memanggang umumnya 200°C, pastikan anda memanaskannya terlebih dahulu sebelum proses pemanggangan. Selama proses pemanggangan pastikan suhu oven dan loyang tidak turun. Saat oven sudah panas, matikan api bawah, gunakan api atas untuk proses pemanggangan setiap lapisan kue. Cara ini disesuaikan dengan karakteristik dari kue lapis legit. Pastikan saat membuat lapis legit anda menggunakan oven yang dapat mengatur api atas dan bawah.

2.      Jangan menenkan terlalu kuat permukaan kue

Saat memanggang lapisan per lapisan, jangan lupa untuk menekan permukaan dengan alat penekan khusus. Hal ini diperlukan agar setiap lapisan kue menjadi rata, sehingga tak ada bagian yang miring sebelah. Akan tetapi yang perlu diingat, jangan menekan lapisan kue terlalu keras, karena hal ini akan membuat hasil kue menjadi tipis.

3.      Pecahkan gelembung yang muncul saat adonan dituangkan

Selalu perhatikan adonan lapis legit yang baru dimasukan ke dalam oven, jika nanti ada gelembung pada permukaan adonan, sebaiknya segera dipecahkan. Anda bisa menggunakan lidi yang agak panjang agar menjangkau bagian dalam loyang. Anda perlu tahu gelembung yang muncul pada permukaan adonan dapat menimbulkan bercak hitam pada lapis legit.

Membuat lapis legit tentu menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang masih senang berkreasi di rumah. Kue berlapis-lapis dengan rasa dan aroma rempah yang harum memang menjadi primadona bagi semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga tak jarang, lapis legit menjadi andalan bagi beberapa toko bakery di Indonesia.

Dengan cara pemanggangan yang tepat maka hasil kue yang dihasilkanpun akan memuaskan. Ikuti terus tips dan resep baking dari kami yang akan terus diperbarui melalui inspirasibaking.com

image source :

Freepik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *