Hidangan Yang Mirip Tanduk Unicorn, Cream Horn

Hidangan Yang Mirip Tanduk Unicorn, Cream Horn

Cream horn merupakan salah satu kreasi dari adonan puff pastry. Konon katanya pastry ini berasal dari negara Belanda. Cream horn berbentuk seperti tanduk unicorn berukir yang memiliki tekstur renyah di luar tetapi berisi cream lembut di dalamnya. Di Indonesia hidangan ini dikenal dengan nama kue cumcum atau kue corong.

Sumber: Pinterest

Kulit cream horn terbuat dari puff pastry sehingga menghasilkan tekstur berlapis-lapis yang sangat renyah. Saat ini banyak dijual puff pastry instan di pasaran. Anda dapat menggunakan puff pastry instan ini untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan cream horn. Tetapi sangat memungkinkan untuk membuat puff pastry sendiri dirumah. Karena proses pembuatan yang tidak terlalu sulit dan juga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Berikut ini adalah cara membuat cream horn di rumah dengan mudah:

1.            Membuat kulit pastry

Untuk membuat pastry yang berbentuk tanduk unicorn, Anda dapat menggunakan cetakan yang berbentuk kerucut. Sebelum digunakan, olesi permukaan cetakan dengan mentega agar tidak menempel dan kulit pastry mudah dilepaskan dari cetakan. Potong adonan puff pastry, kemudian lilitkan adonan secara memutar pada cetakan. Jangan lupa untuk mengolesi bagian luar adonan dengan kuning telur yang sudah ditambahkan ekstrak vanilla untuk membuatnya semakin mengkilat dan beraroma. Beri taburan gula, kemudian panggang dalam oven. Taburan gula yang terkena panas akan mengkristal dan memberikan tambahan rasa dan aroma pada horn yang dibuat. Gunakan api sedang ketika memanggang agar lapisan gula tidak hangus dan gosong. Gula yang hangus akan membuat kulit pastry menjadi hitam dan rasa yang pahit.

2.            Membuat cream pastry

Isian cream horn terbuat dari susu, gula, tepung maizena, kuning telur, dan margarin. Isian ini dapat dibuat dengan berbagai variasi dengan menambahkan beberapa bahan tambahan, seperti vanilla atau rhum. Yang paling sering ditambahkan adalah rhum, karena memiliki rasa dan aroma yang khas dan disukai oleh banyak orang. Penambahan rhum dalam adonan akan membuat cream memiliki rasa dan aroma rhum yang kuat. Selain itu, aroma rhum akan menutupi rasa amis dari campuran telur di dalam creamCream horn yang sudah diberi tambahan rhum lebih dikenal dengan nama rhum horn.

Masukkan semua bahan dan panaskan dengan api kecil. Aduk terus sampai merata dan tekstur adonan menjadi halus dan lembut. Angkat dan dinginkan sampai mencapai suhu ruangan.

3.            Menyusun cream horn

Sebelum disajikan, masukkan cream pastry ke dalam piping bag. Kemudian masukkan cream kedalam kulit pastry sampai penuh. Hias cream horn sesuai dengan selera.

Yang perlu dijadikan catatan adalah segera nikmati cream horn setelah disajikan. Karena jika disimpan terlalu lama, cream yang berada di dalam pastry akan membuat pastry menjadi basah dan tidak renyah lagi. Sehingga rasa cream horn menjadi tidak enak dan lembek.

kulit pastry dan cream yang disimpan terpisah cenderung tahan lebih lama. Oleh karena itu susun cream horn sesuai dengan kebutuhan saja, sisanya dapat Anda simpan di tempat yang terpisah. Simpan kulit pastry dalam toples yang tertutup rapat. Sedangkan simpan cream di dalam kulkas dalam wadah tertutup.

Meskipun terlihat sederhana, cream horn disukai oleh banyak orang. Tekstur kulit pastry yang renyah dipadukan dengan cream yang bertekstur lembut dan rasa yang manis, akan menghasilkan sensasi yang begitu menggugah selera. Agar hasilnya maksimal gunakan Tepung Terigu Super Premium Ninja dari Sriboga ya! Ikuti terus tips dan resep baking menarik lainnya hanya di official website kami inspirasibaking.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.