Buat Hidangan Daging Sapi Nikmat Dengan Marinasi, Simak Tipsnya

Buat Hidangan Daging Sapi Nikmat Dengan Marinasi, Simak Tipsnya

Jenis protein yang paling digemari oleh banyak orang adalah daging merah. Daging ini berupa daging sapi, daging kambing, dan daging kerbau. Dari ketiga jenis daging tadi yang paling sering dikonsumsi adalah daging sapi. Selain karena lebih mudah untuk ditemui, daging sapi juga lebih mudah untuk diolah.

Sumber: Pinterest

Meskipun lebih mudah untuk diolah, cara memasak yang salah akan membuat daging sapi terasa hambar dan juga alot. Untuk itu dibutuhkan perlakuan khusus agar daging sapi bercita rasa lebih lezat dan lebih empuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan  memarinasi daging tersebut sebelum dimasak.

Marinasi merupakan proses perendaman daging dalam bumbu sebelum dimasak. Proses marinasi ini akan membuat bumbu meresap sampai kebagian yang paling dalam dan juga membuat daging menjadi lebih empuk ketika dimasak. Proses inipun harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memarinasi daging sapi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1.            Gunakan garam dan rempah

Garam merupakan salah satu bahan dasar yang wajib ada ketika proses marinasi. Garam dapat membuat proses penyerapan bumbu dengan maksimal sehingga bumbu dan rempah yang digunakan akan menyerap sampai ke bagian dalam daging. Semakin banyak bumbu yang digunakan akan semakin meresap kedalam daging.

2.            Memilih bahan marinasi

Untuk menambah citarasa daging, Anda dapat menggunakan bahan tambahan seperti kecap, minyak, dan gula kedalam proses marinasi. Ketiga bahan ini memberikan pengaruh yang sangat besar kepada proses marinasi. Kecap mengandung asam glutamat yang akan memperkuat rasa daging sapi. Minyak yang bercampur dengan bumbu-bumbu rempah akan menghasilkan aroma dan rasa yang sangat lezat. Gula memiliki fungsi yang hampir serupa dengan kecap, yaitu memperkuat rasa daging sapi. Jika menghindari penggunaan gula dalam masakan, Anda dapat menggantikan gula dengan madu. Madu dan gula memiliki fungsi yang sama.

3.            Tusuk dan sayat daging

Sebelum mencampurkan bumbu marinasi pada padaging sapi, buatlah tusukan dari garpu atau sayatan dari pisau sepanjang potongan daging sapi. Proses ini akan membuat bumbu lebih cepat meresap kedalam daging dan membuatnya lebih empuk.

4.            Daging harus terendam seluruhnya

Pada proses marinasi, rendam seluruh permukaan daging dengan bumbu secara merata. Hal ini akan membuat seluruh bagian daging memiliki rasa lezat yang merata. Agar lebih hemat dalam menggunakan bumbu marinasi, Anda dapat menggunakan plastik ziplock untuk melakukan proses marinasi. Dengan begitu daging akan tertutupi bumbu secara merata.

5.            Rendam daging selama beberapa jam

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat bumbu marinasi menyerap seluruhnya sampai ke bagian dalam daging. Oleh karena itu jangan terburu-buru ketika melakukan proses marinasi. Semakin lama proses marinasi, akan membuat bumbu semakin meresap ke dalam daging. Hasilnya daging akan memiliki citarasa yang sangat lezat.

6.            Jangan gunakan sisa bumbu marinasi

Ketika akan memasak daging yang sudah dimarinasi, bumbu marinasi tidak akan digunakan dalam proses memasak. Jangan gunakan sisa bumbu tersebut untuk memarinasi daging sapi yang lain. Karena rasa dan aroma bumbu sudah digunakan pada proses marinasi yang pertama sehingga tidak akan menghasilkan rasa dan manfaat yang sama. Selain itu bumbu marinasi sudah terkontaminasi dengan cairan darah dari daging sapi pada proses marinasi pertama. Hal itu justru akan membuat daging menjadi cepat busuk.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat daging sapi memiliki rasa yang lezat yang meresap sampai bagian dalam dan bertekstur empuk. Selain itu olah daging sapi yang sudah dimarinasi dengan cara yang tepat, sehingga rasa daging sapi yang dihasilkan akan maksimal. Ikuti terus tips menarik terkait dapur dan baking dari kami hanya di inspirasibaking.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.