Buat Cupcake Sederhana Untuk Anak? Simak Dulu Tips Suksesnya

Buat Cupcake Sederhana Untuk Anak? Simak Dulu Tips Suksesnya

Cupcake selalu hadir dengan tampilan yang cantik dan menggugah selera. Aneka frosting warna warni yang diletakkan di bagian atas cupcake membuat siapa saja yang melihat ingin menikmatinya, terlebih lagi anak-anak. Apalagi jika bentuk frosting dibuat sesuai dengan warna atau bentuk favorite sang anak.

Adonan cupcake yang lezat tidak lepas dari penggunaan takaran yang tepat. Untuk menghasilkan cupcake yang ringan dan fluffy dibutuhkan beberapa trik khusus agar berhasil. Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan cupcake yang lezat.

1.            Bahan Baku

Sama seperti membuat adonan kue lainnya, selalu gunakan bahan-bahan untuk membuat kue sesuai dengan takaran yang seharusnya. Gunakan takaran sesuai dengan resep yang telah teruji sebelumnya. Sebelum memulai untuk membuat adonan, pastikan semua bahan yang akan digunakan bersuhu ruangan. Bahan yang terlalu dingin atau terlalu panas akan mengakibatkan adonan tidak terbentuk dengan baik. Diamkan bahan-bahan yang dikeluarkan dari kulkas selama satu sampai dua jam. Atau diamkan mentega yang dicairkan sampai mencapai suhu ruangan.

2.            Mengaduk Adonan

Kesalahan yang sering terjadi adalah ketika proses mengaduk adonan. Adonan yang terlalu lama diaduk akan membuat kandungan gluten menjadi tinggi. Sehingga cupcake yang dibuat akan menjadi bantat. Sedangkan adonan yang terlalu sebentar diaduk, adonan akan mudah pecah dan terdapat banyak gumpalan. Sebaiknya gunakan mixer dengan kecepatan rendah selama selama proses mengaduk. Pastikan adonan memiliki tekstur yang soft peak (lembut) ketika akan dicetak.

3.            Mencetak Adonan

Adonan yang telah siap dan bertekstur soft peak, akan dimasukkan ke dalam cetakan cupcake. Agar cupcake yang dihasilkan memiliki tinggi dan besar yang sama, Anda dapat menggunakan ice cream scoop untuk mengukur banyaknya adonan yang akan dituang kedalam cetakan. Biasanya ukuran satu cetakan standar cupcake memerlukan satu ice cream scoop dengan ukuran yang besar.

Jika tidak memiliki ice cream scoop, Anda dapat menggunakan sendok sayur sebagai takaran yang digunakan. Masukkan adonan sebanyak 1,5 sendok sayur, kemudian panggang. Hasilnya dapat Anda jadikan ukuran seberapa banyak adonan yang dibutuhkan untuk mendapatkan bentuk cupcake yang sempurna pada cetakan selanjutnya.

4.            Oven

Setelah semua adonan masuk kedalam cetakan, jangan langsung masukkan cetakan ke dalam oven yang belum panas. Panaskan oven terlebih dahulu sampai mencapai suhu sekitar 180 derajat celcius sebelum memasukkan adonan. Jika memasukkan adonan kedalam oven yang belum panas, cupcake tidak akan matang dengan sempurna. Adonan akan bantat dan terasa keras. Begitu juga ketika memasukkan adonan kedalam oven dengan suhu yang terlalu panas, cupcake akan gosong di luar tetapi di bagian dalamnya belum matang.

Ketika oven sudah sampai pada suhu yang tepat, masukkan adonan ke dalam oven. Selama proses memanggang, jangan buka tutup pintu oven berulang kali. Karena ketika pintu oven dibuka, meskipun hanya sedikit saja, udara luar akan masuk dan membuat panas didalam oven berkurang. Hal ini akan mengakibatkan oven tidak dapat mengembang dengan baik. Ada baiknya untuk menggunakan timer selama proses memanggang, sehingga Anda tidak perlu membuka dan menutup pintu oven untuk memastikan adonan sudah matang.

5.            Dinginkan sebelum dihias

Setelah adonan matang, jangan langsung menghias cupcake. Diamkan terlebih dahulu sampai mencapai suhu ruangan. Alangkah lebih baik jika cupcakes di taruh di dalam kulkas. Dengan begitu cupcake menjadi benar-benar dingin. Karena cupcake yang dihias dalam keadaan panas, akan membuat topping buttercream yang digunakan meleleh dan menjadi cair.

Dari penjelasan di atas ternyata ada banyak hal yang perlu kita perhatikan secara mendetail saat membuat cupcake. Dengan ketelitian dan kesabaran tentu kita bisa membuat cupcake dengan bentuk yang sempurna serta rasa yang lezat. Eitsss, jangan lupa gunakan tepung terigu Super Premium dari Sriboga. Ikuti terus tips dan resep baking menarik lainnya hanya di inspirasibaking.com.

Sumber: Unsplash

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.